Cara Jitu Lolos Ujian Masuk STAN

Untuk dapat masuk ke dalam sekolah impian memang ada hal yang harus dikorbankan dan salah satu sekolah impian adalah STAN. Sekolah kedinasan yang satu ini memang menjadi tujuan sebagian besar lulusan SMA karena dipercaya dapat memberikan jaminan karier yang cemerlang. Sayangnya, untuk dapat masuk STAN ini ternyata tidak mudah mengingat banyaknya pendaftar sehingga berimbas pada tingkat persaingan yang ketat.

Pada artikel di bawah ini akan dibahas mengenai cara mempersiapkan diri untuk ujian STAN. Sebelum membahas trik dan tips agar mudah lolos dalam ujian STAN sebenarnya apa sih yang mendasari orang ingin masuk ke sekolah dinas STAN?

Kenapa Harus Bersekolah Di STAN?

STAN memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat dimana peminat yang terus meningkat setiap tahunnya memungkinkan persaingan dalam proses seleksi pun semakin ketat. Sedangkan terkadang ada batasan kuota siswa yang diberikan oleh STAN. Untuk itu, pastikan Anda mempersiapkan diri secara matang agar memberikan hasil yang terbaik.

Sebelum membahas cara mempersiapkan diri untuk ujian STAN, banyaknya jumlah pelamar STAN disebabkan oleh kelebihan yang dimiliki oleh STAN sebagai Sekolah Tinggi Akuntansi Negara terbaik di Indonesia. Berikut 3 faktor yang menjadikan STAN banyak peminatnya adalah:

Reputasi STAN

Menentukan tempat sekolah tentu harus melihat reputasi dari sekolah tersebut. Semakin baik reputasi yang dimiliki oleh sekolah tersebut maka akan semakin baik pula lulusan yang dihasilkan. STAN memiliki reputasi yang cukup baik sebagai sekolah akuntansi di Indonesia.

Hal ini dilihat dari segi jumlah lulusan STAN yang dapat bersaing di dunia kerja dan memiliki tenaga pendidik dengan kualitas yang tidak ragukan lagi.

Kualifikasi Yang Tinggi

Lulusan STAN dikenal memiliki kualifikasi yang tinggi dibandingkan dengan lulusan dari sekolah tinggi swasta lainnya. Oleh karena itu, lulusan STAN memiliki peluang yang sangat besar untuk diterima di perusahaan-perusahaan bonafid hingga lembaga-lembaga pemerintahan negara.

Biaya Pendidikan

STAN dikenal sebagai sekolah akuntansi dengan biaya pendidikan cukup terjangkau. Biaya pendidikan akuntansi di STAN ternyata lebih rendah dibandingkan dengan sekolah akuntansi swasta sehingga tidak jarang dijadikan sebagai pilihan sekolah akuntansi yang murah akan tetapi menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi yang diperhitungkan.

Baca juga : Tips Dan Trik Lolos Ujian Sekolah Kedinasan

Bagaimana Cara Mempersiapkan Diri Untuk Ujian STAN?

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika memang STAN menjadi tujuan favorit calon siswa untuk belajar akuntansi maka akan memungkinkan Anda menemukan pesaing-pesaing dalam proses seleksinya. Apalagi STAN memiliki kuota siswa yang cukup terbatas maka Anda harus mempersiapkan diri dalam waktu yang cukup agar berhasil lolos ujian STAN:

Paham Tata Cara Ujian STAN

Untuk dapat lolos pada saat ujian STAN poin penting yang tidak boleh dilupakan adalah memahami tata cara atau aturan dalam proses seleksi calon siswa STAN. Setiap tahunnya, tentu STAN memiliki tata cara yang berbeda pula termasuk dari segi waktu dan juga tahapan seleksi. Oleh karena itu, sebelum Anda mempersiapkan hal lain maka Anda harus mencari informasi akurat mengenai tata cara hingga tahapan seleksi proses STAN.

Belajar Mengatur Waktu

Memasuki tahun ajaran baru membuat semua lulusan sekolah menengah atas disibukkan dalam menentukan sekolah tinggi tujuan untuk mencapai impian dan karier yang dicita-citakan. Bukan hanya memilih sekolah tujuan saja akan tetapi Anda pun harus pandai dalam mengatur waktu untuk membagi waktu belajar sehingga dapat mengusai semua materi sebelum tahap ujian.

Pelajari Materi Ujian Dan Contoh Soal

Kunci untuk lolos dalam ujian STAN adalah mempelajari materi ujian dan sering berlatih contoh soal. Semakin Anda menggali materi dan juga contoh soal ujian STAN maka akan semakin menambah pemahaman mengenai soal yang mungkin akan keluar pada saat ujian. Anda harus mencari informasi mengenai materi ujian yang relevan dan juga mengumpulkan soal-soal ujian pada tahun-tahun sebelumnya sebagai acuan dalam belajar.

Jaga Kesehatan

Kesibukan mencari informasi seleksi STAN hingga mempelajari setiap materi ujian dan soal-soal tahun sebelumnya tidak seharusnya mengganggu kesehatan Anda. Banyak pikiran dan stres dapat menurunkan stamina tubuh sehingga rentan terkena berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, menjaga kesehatan termasuk dalam bagian mempersiapkan diri ujian masuk STAN.

Pola hidup sehat dengan melakukan olahraga teratur, memiliki waktu istirahat yang cukup, memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi buah dan sayur merupakan bagian dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Semakin sehat tubuh Anda maka Anda akan semakin siap untuk mengikuti ujian STAN dan berhasil lolos dalam seleksi penerimaan siswa baru karena dapat mengikuti ujian dengan fokus.

Menjadi bagian dari STAN tentu akan memberikan nilai plus dan kebanggaan dalam diri Anda. Oleh karena itu, jangan pernah menyia-nyiakan waktu untuk dapat menjadi bagian dari STAN. Cara mempersiapkan diri untuk ujian STAN perlu Anda pahami sehingga akan menciptakan peluang masuk STAN dengan mudah.

Baca juga : Prospek Kerja Setelah Menyelesaikan Pendidikan di STAN